Penjualan Alat Berat Menurun Hingga 30% Hingga September 2019 SIO SIA Kemenaker

Penjualan Alat Berat Menurun Hingga 30% Hingga September 2019. Penjualan alat berat PT United Tractors Tbk. per kuartal III/2019 tercatat melemah 30,23%. Berdasarkan data yang dilaporkan perseroan, sepanjang Januari 2019–September 2019, penjualan Komatsu tercatat 2.568 unit, lebih rendah 30,23% dibandingkan dengan penjualan periode yang sama tahun lalu 3.681 unit.

Adapun pada September 2019, perseroan menjual sebanyak 209 unit, tercatat lebih 11,81% dibandingkan dengan penjualan Agustus 2019 sebanyak 237 unit dan lebih rendah 54,56% dibandingkan dengan September 2018 sebanyak 460 unit.

Sementara itu, pada kuartal III/2019 penjualan alat berat tercatat sebanyak 651 unit, lebih rendah dari realisasi penjualan pada kuartal II/2019 sebanyak 736 unit.

Adapun penguasaan pangsa pasar Komatsu pada pasar penjualan alat berat domestik hingga 9 bulan 2019 tercatat sebesar 33%.

Baca Juga:  Trina Solar Mulai Pengiriman Pertama Modul Panel Surya 670 W Vertex

Selain United Tractor, penjualan alat berat dari Unit Volvo juga lesu. Lesunya harga batubara masih menggerogoti penjualan alat berat untuk pertambangan. Tak terkecuali yang dialami PT Intraco Penta Tbk (INTA).

Investor Relations Strategist INTA Ferdinand Dion mengatakan, hingga September 2019, INTA berhasil menjual 495 unit alat berat. Sebanyak 166 unit di antaranya merupakan alat berat pertambangan. 33,5% dari total penjualan masih berasal dari sektor pertambangan, ujar Ferdinand, Rabu (23/10).

 

Trakinndo Optimis Penjualan Alat Berat di Sumatra Utara

PT Trakindo Utama optimistis permintaan alat berat di Sumatra Utara (Sumut) masih tumbuh pada 2019, sejalan dengan masih banyaknya proyek konstruksi atau infrastruktur yang akan dibangun.

Region Manager Northern Sumatra Trakindo Hendra Suryana meyakini perseroan dapat mencatatkan pertumbuhan positif. Dia optimistis pihaknya dapat meraih pasar di Sumut lebih dari 50 persen.

Baca Juga:  Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur

“Kami juga confidence bahwa kita bisa mendukung semua proyek-proyek  infrastruktur di Sumut meskipun banyak pesaing bisnis lain yang membuat persaingan bisnis semakin ketat”, kata Hendra menjawab pertanyaan Bisnis, Kamis (24/10/2019).

Guna memberikan solusi teknologi di industri alat berat, Trakindo memperkenalkan unit unggulan guna mendukung pekerjaan konstruksi. Unit baru yang dimaksud tersebut yakni  hydraulic excavator Cat 320 Next Generation, soil compactor Cat CS11GC dan dozer Cat D6R2XL.

Hendra mengatakan bahwa melalui produk tersebut Trakindo ingin meyakinkan pelanggan di wilayah Sumatra Utara mengenai pentingnya pemilihan alat berat yang tepat, sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

“Ini juga sekaligus menjelaskan bagaimana dukungan teknologi di alat berat dapat membantu mencapai hasil kerja yang lebih maksimal,” katanya.

Baca Juga:  Baterai 4680 Tesla Juga Diproduksi Oleh Panasonic

Unit baru yang ditawarkan tersebut dimaksudkan untuk memberikan beragam solusi alat berat, seperti solusi produk yang tepat untuk melakukan pekerjaan konstruksi, khususnya pembangunan dan perawatan jalan; solusi rental sebagai alternatif peningkatan kapasitas produksi, hingga serangkaian wawasan terkait peningkatan kemampuan operator.

Apalagi pembangunan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia terus digalakkan untuk mendukung pemerataan pertumbuhan ekonomi, termasuk di wilayah Sumatra Utara.

Untuk itu, peningkatan kualitas pekerjaan konstruksi menjadi hal yang utama dalam mendapatkan hasil yang optimal; baik dari sisi keselamatan dan kesehatan kerja maupun mutu hasil pelaksanaan.

Kata Kunci:

Penjualan alat berat 2019,penjualan alat berat 2019 2020,penjualan alat berat di indonesia 2019

Operator Alat berat harus memiliki SIM yang bernama SIO, Sedangkan Alat berat yang dioperasikan, harus memiliki sertifikat laik operasi (SILO) atau SIA (Surat Ijin Alat).

Konsultasikan Ijin Alat Berat dengan Ahlinya

SIA (Surat Ijin Alat) merupakan sejenis Sertifikat kelayakan yang diberikan menyangkut ijin pemakaian Alat Angkut dan Alat Angkut kepada sebuah perusahaan. Sedangkan SIO (Surat Ijin Operator) merupakan sejenis Sertifkat yang diberikan menyangkut Ijin Perorangan didalam sebuah perusahaan dalam hal kelayakan mengoperasikan Alat Angkat dan Alat Angkut.

Sertifikat Alat SIA dan Juga Sertifikasi Operator Alat Angkat dan Alat Angkut diatur dalam Peraturan Pemerintah PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985, perlu adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat / Angkat dan pesawat Angkut.

Untuk konsultasi gratis tentang SIO, SIA (SILO), silakan hubungi konsultan kami


Indriyani Christina 

0877-7730-6009

Contoh SIO
Penjualan Alat Berat Menurun Hingga 30% Hingga September 2019 SIO SIA Kemenaker SIO AOA Kemenaker

Leave a Comment

error: Alert: Content is protected !!