Alat Berat untuk Proyek Konstruksi, Pilih Membeli ataukah Menyewa? SIO SIA Kemenaker

Alat Berat untuk Proyek Konstruksi, Pilih Membeli ataukah Menyewa?. Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika tiba saatnya untuk memutuskan apakah Anda menyewa atau membeli atau. Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah seberapa sering peralatan akan digunakan.

Termasuk melihat kebutuhan dan beban kerja Anda saat ini serta memperhitungkan faktor kebutuhan masa depan. Jika Anda menggunakan peralatan 60 persen dari waktu atau lebih dan memiliki jangkauan proyek kedepan yang bagus maka pertimbangan untuk membeli adalah hal rasional.

Jika peralatan itu adalah sesuatu yang Anda rencanakan untuk digunakan sesekali atau musiman atau jika itu adalah peralatan khusus yang hanya Anda perlukan untuk sejumlah kecil pekerjaan, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menyewa. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan termasuk menghitung semua biaya terkait, transportasi peralatan, perbaikan dan pemeliharaan, modal kerja, depresiasi, dan nilai jual kembali.

 

Menyewa Alat Berat untuk Proyek

Menyewa alat berat untuk proyek konstruksi menawarkan fleksibilitas tinggi. Sebagian besar perusahaan penyewaan menawarkan tarif harian, mingguan, dan bulanan sehingga Anda tidak perlu membayar untuk peralatan yang tidak Anda gunakan secara aktif.

Baca Juga:  Mesin Trowel Beton untuk Finishing Lantai Beton

Ini juga membebaskan Anda dari keharusan repot dengan perawatan dan pemeliharaan, perbaikan mahal dapat dihapuskan sebagai pengeluaran bisnis.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang biaya transportasi karena sebagian besar perusahaan penyewaan akan mengirimkan peralatan ke lokasi kerja Anda dan mengambilnya setelah Anda selesai.

Perusahaan penyewaan umumnya memiliki berbagai pilihan merek dan model untuk dipilih.  Perusahaan Penyewaan juga memberi Anda kesempatan untuk mencoba peralatan dari pabrikan yang berbeda jika Anda tertarik untuk membeli di masa depan.

Sebagian besar perusahaan penyewaan juga membawa tahun model peralatan saat ini yang berarti Anda bisa menggunakan yang terbaru dan terhebat yang ditawarkan pabrikan.

Salah satu kelemahan dari menyewa adalah bahwa biaya sewa biasanya lebih tinggi daripada pembayaran leasing atau kredit. Pertimbangkan juga skema biaya sewa, biasanya tarif harian jatuhnya lebih mahal dibanding mingguan atau bulanan.

Baca Juga:  Alat Berat, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam Broyek

Anda juga perlu mempertimbangkan ketersediaan peralatan dan membuat rencana ke depan untuk memastikan bahwa perusahaan rental dapat mengakomodasi kebutuhan Anda dan memiliki peralatan yang tersedia saat Anda membutuhkannya untuk menghindari downtime.

Ketika menyewa peralatan, pastikan mendapatkan harga terbaik dan dari perusahaan terkemuka yang menjaga peralatan mereka dengan baik dan dapat memberikan perbaikan darurat atau peralatan pengganti jika terjadi kesalahan.

 

Membeli Alat Berat untuk Proyek

Memiliki peralatan konstruksi berarti Anda menentukan bagaimana dan kapan peralatan tersebut digunakan serta memiliki kendali penuh atas pemeliharaannya. Memiliki peralatan berarti selalu siap membantu Anda saat Anda membutuhkannya dan memungkinkan operator peralatan untuk memiliki tingkat keakraban yang lebih tinggi dengan menggunakan peralatan yang dapat mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Cara Perawatan Forklift Agar Selalu Top Perform & Bekerja Optimal

Biaya awal biasanya lebih tinggi karena uang muka tetapi pembayaran bulanan biasanya lebih rendah daripada jika Anda menyewa karena suku bunga yang lebih rendah. Saat membeli peralatan, pertimbangkan nilai jual kembali jika Anda memutuskan untuk memperdagangkannya atau menjualnya kembali saat Anda memutuskan untuk menyingkirkannya.

Membeli peralatan akan menghabiskan arus kas Anda dan dapat mengikat jalur kredit yang merupakan hal penting untuk dipertimbangkan sebelum membuat keputusan untuk membeli. Biaya lain yang perlu dipertimbangkan termasuk perawatan, perbaikan, transportasi peralatan ke lokasi kerja, dan penyimpanan.

Sebelum menentukan pilihan, pastikan melakukan kalkulasi yang sangat teiliti, sebab investasi alat berat bukan sesuatu yang murah. Jika salah dalam membeli, menjualnya kembali juga butuh waktu sebab penggunanya adalah kalangan tertentu.

Kata Kunci:

alat berat konstruksi language:id,alat berat untuk proyek konstruksi language:id

Operator Alat berat harus memiliki SIM yang bernama SIO, Sedangkan Alat berat yang dioperasikan, harus memiliki sertifikat laik operasi (SILO) atau SIA (Surat Ijin Alat).

Konsultasikan Ijin Alat Berat dengan Ahlinya

SIA (Surat Ijin Alat) merupakan sejenis Sertifikat kelayakan yang diberikan menyangkut ijin pemakaian Alat Angkut dan Alat Angkut kepada sebuah perusahaan. Sedangkan SIO (Surat Ijin Operator) merupakan sejenis Sertifkat yang diberikan menyangkut Ijin Perorangan didalam sebuah perusahaan dalam hal kelayakan mengoperasikan Alat Angkat dan Alat Angkut.

Sertifikat Alat SIA dan Juga Sertifikasi Operator Alat Angkat dan Alat Angkut diatur dalam Peraturan Pemerintah PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985, perlu adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat / Angkat dan pesawat Angkut.

Untuk konsultasi gratis tentang SIO, SIA (SILO), silakan hubungi konsultan kami


Indriyani Christina 

0877-7730-6009

Contoh SIO
Alat Berat untuk Proyek Konstruksi, Pilih Membeli ataukah Menyewa? SIO SIA Kemenaker SIO AOA Kemenaker

Leave a Comment

error: Alert: Content is protected !!